Tekno

7 Fitur Google Maps untuk Liburan, Cek Detail dan Cara Pakainya

Aplikasi Google Maps dapat membantu mengurangi rasa stres Anda menjelang liburan akhir tahun untuk belanja keperluan atau sekadar bepergian dengan membantu navigasi di saat semua orang melakukan hal yang sama.

Misalnya, pengguna dapat menggunakan aplikasi itu untuk melihat seberapa sibuk toko atau restoran sebelum memutuskan pergi. Selain itu, juga dapat menggunakan Google Maps untuk memberi tahu keluarga tentang keberadaan Anda saat terlambat menuju suatu lokasi.

Plus, dapat memesan reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi alih-alih menelepon restoran. Berikut di bawah ini tujuh fitur Google Maps yang bisa membantu liburan pengguna lebih lancar, dan cara menggunakannya:

1. Navigasi di bandara, mal, dan stasiun

Jika ingin perlu cepat menemukan toko di mal besar, Google Maps memperluas tab Direktori untuk beberapa lokasi, termasuk mal, bandara, dan stasiun transit. Fitur yang diumumkan pada November ini dapat membantu mencegah berlarian di sekitar bandara, mencoba mencari tempat makan, atau membeli suvenir di menit-menit terakhir sebelum mengejar penerbangan.

Tab tersebut akan memberi tahu pengguna jam buka, termasuk di lantai mana lokasinya itu. pengguna juga dapat melihat melalui restoran, toko, lounge, dan tempat parkir. Fitur ini cocok digunakan saat liburan atau berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

2. Melihat seberapa sibuk suatu tempat

Google menambahkan fitur baru ke alat kesibukan Google Maps-nya. Sebelumnya, pengguna perlu mencari lokasi, seperti bisnis, untuk melihat grafik yang menunjukkan seberapa ramai secara real time. Namun sekarang, fitur baru bernama Area Busyness memungkinkan pengguna melihat saat seluruh area peta penuh sesak oleh orang.

Dengan menggunakan fitur baru itu, pengguna cukup membuka aplikasi Google Maps di Android atau iPhone (atau browser komputer Anda) dan bergerak di sekitar peta untuk menemukan area umum, misalnya pusat kota, tepi sungai, atau kota kuno di dekatnya. Informasi kesibukan kini otomatis muncul di peta, jadi tidak perlu mencari tempat secara khusus untuk melihat seberapa ramainya.

Google Maps mungkin mengatakan sesuatu seperti ‘Area Sibuk’, dan saat pengguna mengetuk untuk detail lebih lanjut, aplikasi juga bisa mengatakan: “Sibuk sekali”.

3. Lacak jadwal perjalanan

Tentu saja, Google Maps dapat memetakan perjalanan, tapi juga dapat dengan cepat menunjukkan penerbangan liburan, hotel, penyewaan mobil, dan reservasi restoran penggunannya. Sehingga tidak perlu repot mencari waktu check-in dan nomor konfirmasi melalui email.

Untuk melihat reservasi yang akan datang, cukup buka aplikasi Google Maps, ketuk Disimpan di baris menu bawah, lalu pilih Reservasi. Di situ, pengguna akan melihat daftar reservasi mendatang yang telah dibuat yang diambil Maps dari email di Gmail.

Pilih item untuk melihat lebih banyak tentang reservasi, termasuk tanggal dan lokasi. Pengguna juga dapat mencari ‘reservasi saya’ di kotak pencarian Google Maps untuk melihat daftar apa yang telah dipesan.

4. Reservasi restoran langsung

12 Selanjutnya

Merencanakan dan menyiapkan makan malam liburan bisa menjadi tugas saat liburan. Jika pengguna lebih suka menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman daripada menggunakan pisau tajam dan kompor panas di dapur, Google Maps dapat membantu memesan reservasi makan siang atau makan malam.

Caranya, di Peta, ketuk tombol Restoran di bagian atas peta untuk melihat daftar tempat makan. Lalu, pilih restoran yang terlihat bagus, dan di jendela yang muncul, pesan meja atau bergabung dengan daftar tunggu, jika itu memberi pengguna opsi itu (tidak semua melakukannya).

Ingatlah penggunaan fitur ‘kesibukan’ yang disebutkan di atas untuk memilih tempat yang paling sepi. Juga, perhatikan bahwa beberapa restoran masih tutup untuk makan di tempat, tapi sering kali mengizinkan pengiriman, penjemputan di tepi jalan, atau tempat duduk di luar ruangan

5. Google Maps offline

Menuju ke suatu tempat terpencil di mana pengguna mungkin tidak memiliki koneksi jaringan seluler, Google Maps masih dapat memberikan petunjuk arah saat offline. Sebelum pergi, di Maps cari lokasi yang diinginkan petunjuk arahnya, lalu di jendela lokasi, tarik menu di bagian bawah.

Gulir ke kanan melalui tab dan ketuk Unduh lalu, di jendela berikutnya, ketuk Unduh lagi. Maps akan mengunduh peta ke ponsel untuk area yang dipilih. Sekarang, saat menggunakan Google Maps untuk petunjuk arah di area tempat mengunduh peta, saat kehilangan koneksi seluler, Maps akan beralih ke peta offline untuk memandu. Namun, karena offline, Maps tidak akan dapat menawarkan info lalu lintas waktu nyata.

6. Temukan tempat pengisian bahan bakar

Jika pengguna membawa kendaraan listrik untuk berbelanja, makan malam, atau berkendara saat liburan, Google Maps dapat membantu menemukan stasiun pengisian mobil listrik di rute pengguna, dengan perkiraan waktu tunggu untuk port pengisian daya. Pengguna juga dapat memfilter penelusuran menurut jenis konektor—seperti J1772, CCS (Combo 1 atau 2), dan Tesla. Untuk melihat hanya stasiun yang kompatibel dengan kendaraan listrik pengguna.

Caranya, di Peta, gulir melalui tab di bagian atas layar dan ketuk Lainnya, lalu gulir ke bawah ke bagian Layanan dan pilih Pengisian kendaraan listrik. Peta akan menampilkan stasiun pengisian terdekat dan berapa banyak yang tersedia.

Kemudian, ketuk stasiun pengisian daya di peta agar Maps menambahkannya sebagai perhentian di perjalanan. Pengguna juga dapat menggunakan trik ini untuk mencari tempat lain di sepanjang rute perjalanan, seperti kedai kopi.

7. Bagikan lokasi

Adakah hal yang lebih gila selama aktivitas kelompok daripada saat kelompok terpecah dan tidak ada yang bisa menemukan satu sama lain? Google Maps dapat membantu menyatukannya kembali. Di Google Maps, ketuk ikon profil pengguna di sudut kanan atas dan ketuk Berbagi lokasi.

Setelah itu, pilih Bagikan lokasi, lalu pilih dengan siapa pengguna ingin berbagi lokasi dan berapa lama ingin membagikannya. Kemudian, ketuk Bagikan, dan Google Maps akan mengirimkan lokasi ke semua orang yang dipilih. Jika pengguna ingin melihat lokasi orang lain, ketuk ikon orang itu di bagian atas jendela, lalu ketuk Minta.

CNET | GOOGLE MAPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.