Gaya

7 Minuman Sehat untuk Redakan Asam Lambung

Penderita asam lambung atau refluks gastroesofageal (GERD), mungkin sangat selektif dalam memilih makanan dan minuman. Pasalnya, gejala GERD dapat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Gejalanya seperti batuk, mual, dan suara serak.

Salah satu cara tepat yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi minuman sehat. Beberapa minuman tidak boleh dikonsumsi penderita GERD karena dapat meningkatkan risiko gelaja, seperti kopi, soda, dan minuman asam. Sebagai gantinya, inilah minuman yang baik untuk asam lambung.

Air putihAir putih adalalah solusi paling sederhana yang baik dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. Kandungan pH dalam air putih cenderung netral atau mencapai 7,0 yang dapat membantu meningkatkan pH makanan asam.

Teh herbalTeh herbal dapat membantu menyehatkan pencernaan dan meredakan masalah-masalah perut, seperti gas dan mual. Cobalah teh herbal yang bebas kafein untuk penderita asam lambung tetapi hindari teh spearmint atau peppermint. Mint memicu refluks asam bagi banyak orang. Teh kamomil, akar manis, dan marshmallow adalah beberapa jenis teh herbal yang dapat meredakan gejala GERD. Namun, beberapa obat herbal dapat mengganggu resep obat tertentu. Jadi, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba obat herbal.

Susu rendah lemakBagi sebagian orang, susu sapi sulit untuk dicerna dan mengandung banyak lemak. Bagi penderita asam lambung, susu sapi berlemak dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala refluks. Jika ingin mengonsumsi susu sapi, penderita GERD disarankan untuk memilih susu rendah lemak.

Susu nabatiSusu nabati adalah solusi baik untuk orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau menderita GERD. Susu nabati yang terbuat dari kacang almond dapat membantu menetralkan keasaman lambung dan meredakan gejala asam lambung. Selain susu almond, bisa juga mengonsumsi berbagai produk susu nabati, seperti susu kedelai, susu rami, dan susu kacang mete.

Jus buahBeberapa minuman jus buah, seperti jus nanas dan jus apel sangat asam dan dapat menyebabkan asam lambung. Jus buah lain yang tidak memicu gejala GERD, seperti jus wortel, jus semangka, jus mentimun, jus pir, dan lain-lain.

SmoothieSmoothie adalah pilihan yang sangat baik untuk penderita GERD. Saat membuat smoothie, carilah buah-buahan rendah asam. Cobalah smoothie sederhana dan rendah karbohidrat yang mencampurkan bayam dan alpukat. Pilihan lain adalah smoothie teh hijau vegan dengan anggur hijau.

Air kelapaAir kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan bagus lain untuk penderita asam lambung. Minuman ini merupakan sumber elektrolit yang baik dan bermanfaat. Elektrolit seperti potasium ini meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengendalikan asam lambung.

ANDINI SABRINA | HEALTH LINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.