Travel

Bobobox Kota Tua: Hotel Kapsul Terbaik dengan Gedung Bersejarah

Bobobox Kota Tua Jakarta nyatanya berdiri di salah satu bangunan bersejarah di sekitar Kota Tua. Daerah ini dikenal mempunyai banyak cerita sejarah. Hanya dengan melihat bentuk arsitektural bangunannya, Anda sudah bisa menilai bahwa bangunan yang mempunyai bagian kecil tersebut merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Gedung tempat Bobobox beroperasi di Kota Tua Jakarta juga menjadi salah satunya. Selain Bobobox, gedung ini berfungsi sebagai tempat berdirinya galeri budaya bernama Galeri Melaka. Galeri Melaka merupakan salah satu galeri budaya Malaysia yang dapat dikunjungi di Jakarta.

Padahal, Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun yang memiliki banyak kesamaan, terutama dari segi geografi dan sosial budaya. Pembukaan Galeri Melaka di Kota Tua Jakarta menjadi bukti hubungan persahabatan kedua negara.

Galeri Melaka: Bukti Persahabatan Indonesia-Malaysia

Pembukaan Galeri Malaka ialah sebagai pengingat persahabatan Indonesia dan Malaysia yang telah terjalin mulai abad ke-13. Untuk lebih mempererat hubungan keduanya, pelaku pariwisata dari Malaysia melakukan kunjungan ke Jakarta dengan program pariwisata negara.

Salah satu program tersebut dilakukan dalam bentuk peresmian lokasi baru Melaka Gallery di Gedung Post, Lantai 1, Jalan Fatahilah, Kota Tua, Jakarta. Ini sudah ada sejak tahun 2013 tepatnya di Jalan Malaka 7-9, Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Galeri ini mengalami perubahan lokasi pada November 2018 yang diikuti dengan peningkatan jumlah pengunjung galeri. Selain Melaka Gallery, masih banyak bangunan bersejarah lain yang bisa Anda temukan di sekitar Bobobox Kota Tua. Apa Saja? Inilah beberapa di antaranya!

  • Bangunan Bersejarah di Sekitar Bobobox Kota Tua: Toko Merah

Bangunan ini awalnya punya orang Belanda sebelum beberapa kali berganti fungsi dan berpindah tangan ke warga Tionghoa. Bangunan ini digunakan sebagai toko dan pemilik mengecatnya dengan warna merah maka terkenal dengan nama Toko Merah sampai sekarang.

  • Tempat Bersejarah Di Sekitar Kota Tua Bobobox: Pelabuhan Sunda Kelapa

Sering menjadi tempat berkumpulnya para pedagang dari berbagai belahan dunia, Pelabuhan Sunda Kelapa pernah menjadi pusat perdagangan yang besar dan ramai dengan aktivitas perdagangan antar negara.

Meski kini pelabuhan ini sudah tidak seramai dulu, Anda masih bisa melihat keagungan kapal pinisi buatan Indonesia yang masih menepi di kawasan pelabuhan ini.

  • Bangunan Bersejarah di Sekitar Kota Tua Bobobox: Museum Bahari

Anda juga bisa melihat kembali kejayaan bahari nusantara dengan mengunjungi Museum Bahari. Museum ini terletak tidak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Bangunan Museum Bahari pada zaman dahulu berfungsi sebagai salah satu gudang penyimpanan hasil pertanian yang menjadi komoditas utama VOC.

Bangunan ini sekarang berguna sebagai tempat menyimpan berbagai koleksi perahu, replika perahu, dan alat-alat milik VOC di masa lalu.

  • Bangunan Bersejarah di Sekitar Kota Tua Bobobox: Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan ialah salah satu jembatan bersejarah yang dibangun di tahun 1628. Jembatan ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia yang dibangun oleh VOC dan masih berdiri kokoh sampai saat ini.

  • Bangunan Bersejarah di Sekitar Kota Tua Bobobox: Kawasan Pecinan Glodok

Kawasan Glodok dikenal sebagai kawasan yang identik dengan arsitektur zaman kolonial. Arsitektur khas Peranakan bisa Anda lihat di kawasan Pecinan Glodok yang juga terkenal sebagai salah satu destinasi kuliner dan belanja favorit.

Dapatkan hotel kapsul terbaik dengan segudang sejarah hanya di Bobobox kota tua.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *