Cerita Rakyat Tangkuban Perahu yang Bikin Terkesan

Tangkuban Perahu ialah salah satu wisata yang ada di sekitar daerah Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata yang memiliki spot keindahan tak terkira dan bakal bikin bahagia saat mengunjunginya. Berikut ini cerita rakyat yang ada di tangkuban perahu.

Cerita Bersejarah di Tanah Pasundan

Ceritanya berawal dari tanah Pasundan, Jawa Barat. Ada Dewi Surgawi yang cantik jelita yang dipanggil Dayang Sumbi. Di ternyata tinggal di gubuk di hutan bersama anjing yang setia bernama tumang. Kerajaannya ialah menenun kain. Suatu hari ia kehilangan satu alatnya.

Dayang Sumbi sibuk mencarinya, lalu karena tak kunjung bertemu ia pun berkata jika ada yang menemukan jarumnya akan dijadikan suaminya dan jika perempuan menjadi saudaranya. Ternyata yang menemukan Tumang, karena sudah berjanji mau tidak mau Dayang Sumbi pun menikah dengan Tumah seekor anjing.

Tak lama setelah itu Dayang Sumbi pun l melahirkan seorang bayi laki-laki dan menamakannya Sangkuriang. Mereka hidup di dalam hutan bahkan sampai Sangkuriang tumbuh menjadi remaja, namun ia tidak tahu bahwa Tumang yang merupakan seekor anjing adalah ayahnya.

Saat ayah dan anak ini sedang berburu ke dalam hutan mereka bertemu dengan babi hutan. Hanya saja Tumang tidak mau membunuhnya karena babi hutan adalah ibu Dayang Sumbi. Babi itu pergi dengan selamat dan membuat Sangkuriang marah. Lalu ia membunuh Tumang dan mengambil hatinya untuk memberikannya kepada Dayang Sumbi.

Dayang Sumbi kaget saat mengetahui ternyata hati yang dimakan adalah hati Tumang. Di situlah Dayang Sumbi marah dan memukul kepala Sangkuriang dengan keras sampai kepalanya berdarah. Saat itulah Sangkuriang lari ke hutan dan naik ke bukit dengan kepala berdarah-darah.

Setelah bertahun-tahun Sangkuriang menjadi pemburu yang tampan dan terampil. Dia lupa dengan namanya karena hilang ingatan. Suatu hari Sangkuriang bertemu wanita cantik di hutan. Dia tidak mengetahui kalau wanita itu adalah Dayang Sumbi. Wajahnya tetap muda karena dia seorang dewi.

Dayang Sumbi tetap mengenali Sangkuriang dari bekas luka di kepalanya. Sangkuriang yang mabuk cinta melamar ibunya, lantas untuk menolak lamaran itu ia meminta Sangkuriang membuat danau dan perahu dalam satu malam. Permintaan itu sebagai hadiah pernikahan. Sangkuriang dibantu makhluk gaib dari hutan membangun sebuah danau dan perahu.

Dayang Sumbi pun mengelabui para jin dengan cara menyulut api. Jin mengira itu adalah matahari terbit. Usaha Sangkuriang pun gagal dan sangat marah. Lalu dia menendang perahu dan perahu itu pun terbalik menjadi gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

Wisata Tangkuban Perahu

Tempat wisata jam operasional: 07:00 sampai 17:00 WIB setiap hari. Harga tiket sekitar Rp22.000,00 sampai sampai Rp31.000,00. Harga tiket untuk wisatawan mancanegara Rp200.000,00. Di wisata Tangkuban Perahu Anda bisa menikmati kawah-kawahnya yang indah yaitu Kawah Utas, Kawah Ratu, dan Kawah Domas.

Di tempat wisata ini juga ada kuda yang disewakan dengan Rp50.000,00. Selama di tempat wisata ini Anda tidak akan kelaparan karena aneka kuliner yang enak. Tak hanya itu Anda juga minuman hangat. Di kawah ini juga ada daun yang dipercaya bisa bikin awet muda, Anda bisa membawanya pulang sebagai kenang-kenangan.

Cerita rakyat yang ada di sebuah tempat wisata menjadi sorotan tersendiri. Anda akan merasa terkagum bila mendengarnya dan menikmati keindahan tersebut. Saat datang ke tempat wisata pastikan sudah menyiapkan semua kebutuhan dan tentunya uang tunai karena tidak semua tempat ada menyediakan atm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *