Kesehatan

Gejala Anemia Pada Anak

Mungkin anda melihat anak anda mudah lemas ketika melakukan aktivitas ataupun sering terlihat letih dan lesu dalam kegiatan sehari-harinya.

Jika seperti itu, maka anda harus segera membawa anak anda ke dokter atau melakukan penanganan tertentu karena dimungkinkan anak anda kekurangan darah dalam tubuh atau biasa disebut anemia.

Lalu, apa sih anemia itu dan apa saja gejala anemia pada anak anak yang sering terjadi dan dapat diketahui dengan mudah. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Anemia

Anemia adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah pada tubuh. Secara sederhana penyakit anemia disebut juga penyakit kekurangan darah.

Nah, karena tubuh kekurangan sel darah merah maka seluruh tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen normal, akibatnya tubuh biasanya akan mudah lelah dan muka menjadi pucat.

Adapun, untuk anemia sendiri ada yang hanya bersifat ringan namun ada juga yang bersifat berat. Pada penderita anemia berat biasanya anemia akan berlangsung cukup lama dan harus mendapatkan perawatan tertentu.

Untuk penderita anemia ringan biasanya akan sembuh dengan mengkonsumsi makanan makanan tertentu yang mengandung zat besi dan beberapa jenis vitamin lainnya.

Gejala Anemia Pada Anak

Selain pada orang dewasa, anemia juga bisa menyerang anak anak. Beberapa gejala yang biasanya muncul ketika anak kekurangan darah merah adalah sebagai berikut:

  1. Lemah dan Lesu

Jika anda biasanya melihat anak anda lincah dan riang namun tiba tiba menjadi tidak bergairah ataupun mudah lesu. Anda harus mewaspadai ia terkena penyakit kekurangan darah.

Kondisi anemia pada anak juga terkadang dapat membuat anak pucat dan tidak nafsu melakukan aktivitas permainan.

Dengan kondisi demikian ada baiknya anda berkonsultasi pada dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Nantinya dokter biasanya akan memberikan resep obat tertentu yang bisa meningkatkan kembali kadar darah merah dalam tubuh anak.

  1. Sering Terkena Infeksi

Pada anak anak terkadang anemia menyebabkan infeksi tertentu. Selain itu terkadang jika anak memiliki luka kecil, luka yang dimiliki akan lama kering.

Kondisi ini mirip seperti diabetes pada orang dewasa, namun, jika terjadi pada anak mungkin ia kekurangan darah merah yang menyebabkan proses metabolisme tubuh berjalan kurang normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.