Pendidikan

Kuliah Perbankan Syariah di Universitas Swasta Bandung

Memilih program studi perbankan syariah, sebagai langkah persiapan menjadi praktisi lembaga keuangan syariah yang sedang populer saat ini. Statistik menunjukkan bahwa penduduk Indonesia didominasi umat Islam.

Hingga awal tahun 2023, jumlah bank umum syariah di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, meskipun pangsa pasarnya masih jauh di bawah bank konvensional. Besarnya jumlah penduduk muslim menunjukkan bahwa prospek industri perbankan syariah sangat menjanjikan di Indonesia.

Untuk memperbesar pangsa pasar dan pasar modal industri perbankan dan keuangan syariah, tentu diperlukan sumber daya manusia sebagai penggerak utama. Selain itu, tingkat literasi perbankan syariah juga perlu ditingkatkan, supaya pemahaman tentang pentingnya penerapan sistem keuangan syariah semakin meluas di masyarakat.

Salah satu unsur utama dalam mengembangkan sumber daya manusia yang mampu dan memahami konsep keuangan syariah, ialah melalui pendidikan. Idealnya, materi sistem ekonomi Islam perlu dikenalkan kepada siswa sejak SMA, dan pembahasannya diperdalam di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Fakultas Ekonomi serta Bisnis Islam, Universitas Masoem Bandung

Universitas Masoem, merupakan salah satu universitas swasta di Bandung dengan konsep integrasi asrama-kampus di Sumedang, Jawa Barat. Universitas ini mempunyai 4 fakultas yaitu: Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Salah satu daya tarik Universitas Masoem adalah adanya program studi Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Hingga saat ini belum banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan khusus perbankan syariah, sehingga hal ini mungkin menjadi penyebab rendahnya jumlah yang kompeten atau setidaknya memahami keuangan syariah di Indonesia.

  1. Program Studi Perbankan Syariah

Program Studi Perbankan Syariah Universitas Masoem berada pada jenjang sarjana (S1) dengan proses pembelajaran selama 8 semester. Terdapat 66 mata kuliah dengan beban 145 sks yang harus diselesaikan mahasiswa untuk lulus.

Setiap mata kuliah diberikan dengan tujuan untuk mencapai visi dan misi program studi. Tujuan jangka panjang program studi Perbankan Syariah Universitas Masoem adalah menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang akan mengisi industri lembaga keuangan syariah Indonesia.

Potensi pasar yang besar dari lembaga keuangan syariah tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang besar pula. Oleh karena itu, prodi ini masih mempunyai prospek yang menjanjikan di masa depan.

  1. Manajemen Bisnis Syariah

Selain lembaga keuangan syariah yang kebutuhan SDM-nya dipenuhi dari program studi Perbankan Syariah, banyak anak muda yang bercita-cita menjadi entrepreneur. Sebagai seorang muslim tentunya wajib untuk memahami hukum syariah sebelum terjun ke dunia bisnis.

Untuk itu, Universitas Masoem menyelenggarakan program studi manajemen bisnis syariah khusus untuk calon pengusaha muslim.

Biaya Pendidikan dan Beasiswa

Biaya kuliah tentu menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih kampus dan program studi. Karena besarnya biaya pendidikan yang harus dikeluarkan harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan pribadi atau mungkin keluarga.

Bagi sebagian orang, pendidikan tinggi seharusnya bisa diakses dengan biaya murah, agar semakin banyak generasi muda yang memiliki gelar akademik. Kabar baiknya, biaya kuliah di Universitas Masoem terjangkau oleh semua kalangan.

Pada website utama dan pendaftaran mungkin tidak disebutkan secara detail nominal biaya kuliah per semester, namun informasi mengenai cara pendaftaran dan biaya dapat diakses melalui kontak yang tersedia. Selain itu, ada beberapa jenis beasiswa yang dapat diterima mahasiswa melalui proses seleksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *