Inilah Dia 5 Manfaat Makan Puding untuk Anak

Di masa pertumbuhannya, penting sekali bagi anak untuk selalu mengonsumsi menu makanan yang sehat. Selain menu makan utama, anak-anak juga perlu mendapatkan menu camilan atau pendamping. Salah satu ide menu camilan yang enak dan menyehatkan tubuh anak adalah puding mangga. Makanan yang satu ini banyak disukai oleh anak-anak karena enak juga mudah untuk dimakan.

Manfaat Makan Puding

Sebelum memberikan menu makanan kepada anak, orang tua tentu harus tahu apakah makanan tersebut memberi manfaat atau tidak. Puding itu sendiri merupakan jenis makanan yang ternyata punya banyak manfaat. Berikut adalah 5 manfaat makan puding bagi si kecil:

1. Memperlancar Pencernaan

Konsumsi puding akan memperlancar kerja sistem pencernaan di tubuh anak. Puding bisa menjadi salah satu sumber serat yang aman dikonsumsi oleh anak. Konsumsi puding akan meningkatkan metabolisme serta membuat anak lebih mudah buang air besar. Biasanya menu ini dijadikan sebagai alternatif ketika anak sedang mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

2. Meningkatkan Kemampuan Makan

Puding ternyata juga bisa membantu meningkatkan kemampuan makan si kecil. Di setiap tahap pertumbuhannya, anak harus mengenal beragam jenis makanan. Puding akan memperkaya pemahaman anak mengenai tekstur makanan. Hal ini akan membuat keterampilan makan anak jadi meningkat sehingga ia bisa mengonsumsi jenis makanan yang lebih beragam lagi.

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, ternyata puding juga mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Apalagi jika Anda membuat puding sendiri dengan campuran bahan-bahan yang bergizi. Contohnya seperti puding mangga yang mengandung vitamin untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Selama diolah secara tepat dan tidak melibatkan terlalu banyak pemanis, menu ini pasti lebih menyehatkan.

4. Memberikan Rasa Kenyang

Konsumsi puding juga bisa membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Puding cocok dijadikan sebagai menu camilan di sela waktu makan utama. Jadi, hanya dengan makan puding saja anak sudah bisa menahan untuk tidak makan sampai waktu makan utama tiba. Cara ini akan sangat efektif membantu anak lebih banyak makan menu utama mereka.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Penurunan nafsu makan sangat sering terjadi pada anak-anak. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai faktor penyebab dan salah satunya adalah rasa bosan. Agar anak tidak merasa bosan, orang tua bisa mencoba memberikan menu camilan yang enak. Salah satu contohnya adalah puding dengan rasa manis dan segar. Setelah mengonsumsi puding, nafsu makan anak bisa bertambah dan semakin bersemangat untuk makan.

Itulah tadi 5 manfaat makan puding untuk anak. Anda bisa menyajikan puding mangga maupun varian puding lainnya sesuai selera anak. Gunakan panduan resep membuat puding agar Anda bisa menyajikan puding yang tak hanya enak tapi juga memiliki tekstur yang lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *