Kesehatan

Mengenal Metode ERACS yang Dipilih Nagita Slavina saat Melahirkan Baby R

Nagita Slavina melahirkan anak keduanya bersama Raffi Ahmad, Baby R, melalui operasi Caesar pada Jumat, 26 November 2021. Meski Caesar, masa pemulihan pasca-operasi Gigi terbilang cepat. Hanya beberapa jam setelah operasi, aktris dan pengusaha itu terlihat duduk di tempat tidur rumah sakit sambil menggendong Baby R.

Pemulihan lebih cepat dimungkinkan karena Gigi memilih metode Enhanced Recovery After Cesarean Section atau ERACS. Metode ini tidak hanya membuat pemulihan lebih cepat, tapi juga meminimalkan rasa sakit. Dengan begitu, ibu baru dapat berfokus pada perawatan bayi seperti menyusui, mengganti popok, dan lainnya.

Dilansir dari laman Contemporary Obgyn, keunggulan metode ini adalah meminimalkan trauma bedah dan nyeri pasca-operasi, yang membuat pasien cepat bisa kembali beraktivitas normal. Dengan begitu, lamanya pasien dirawat di rumah sakit akan berkurang.

Prosedur ERACS berbeda dengan operasi Caesar biasa. Pada ERACS, pasien tak perlu puasa sebelum operasi. Pasien juga hanya diberikan separuh dosis obat anestesi dengan menggunakan jarum lebih kecil. Proses pembedahan dilakukan dengan pisau kecil yang sangat tajam sehingga menimbulkan traumanya yang lebih kecil.

Dengan prosedur itu, efek yang ditimbulkan pasca-operasi sangat berbeda. Misalnya, pada operasi Caesar biasa, hari pertama umumnya pasien hanya bisa berbaring dan miring, hari kedua baru bisa duduk. Setelah operasi juga biasanya muncul rasa mual dan pusing karena pengaruh obat bius.

Sedangkan pada ERACS, pasien bisa duduk hanya beberapa jam setelah operasi. Kateter juga bisa langsung dilepas dan pasien bisa ke kamar mandi sendiri. Efek obat bius pun tidak terlalu besar sehingga tidak menimbulkan mual dan pusing setelahnya.

Protokol ini awalnya digunakan untuk pasien operasi kolorektal, disebut dengan ERAS atau Enhanced Recovery After Surgery. Adapun pedoman ERACS diperkenalkan pada 2018, lama setelah pengembangan protokol ERAS di banyak spesialisasi bedah lainnya.

Sebelum melahirkan, Nagita Slavina sempat mengatakan tak ingin berlama-lama di rumah sakit karena situasi pandemi. “Sekarang lagi pandemi. Kalau lahiran normal kita nggak tahu berapa jam, harus standby di rumah sakit, ina itu ina itu. Aku merasa lebih nyaman di saat sekarang ini (operasi Caesar),” kata dia dalam video di Instagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.