Bisnis

Penyebab yang Membuat Klaim Allianz Tidak Disetujui Oleh Perusahaan

Apabila mengajukan klaim asuransi tentunya mempunyai harapan bahwa klaim tersebut akan diterima oleh perusahaan asuransi. Akan tetapi pada beberapa kasus klaim yang diajukan bisa saja ditolak. Penolakan tersebut tentunya mempunyai alasan yang jelas, termasuk ketika klaim Allianz yang Anda ajukan ditolak oleh perusahaan besar ini. Ketika mengajukan klaim ke Allianz dan ditolak, kemungkinan beberapa penyebab yang membuat klaim tersebut ditolak adalah karena:

  1. Polis tidak aktif

Penyebab yang paling umum membuat klaim asuransi ditolak adalah karena polis yang tidak aktif. Ketika memilih asuransi hal yang penting adalah dengan memperhatikan premi yang akan dibayarkan. Pilih premi yang besarannya sesuai dengan kemampuan agar tidak memberatkan, karena apabila tidak mampu membayar premi secara rutin tersebut akan membuat polis asuransi dapat tidak aktif.

Apabila polis asuransi tersebut tidak aktif, hal tersebut juga dapat membuat klaim yang diajukan tidak dapat dilakukan dan akan ditolak. Oleh karena itulah untuk memastikan klaim dapat diproses, maka Anda perlu membayar premi dengan rutin agar membuat polis tetap aktif.

  1. Polis dalam masa tunggu

Selain polis yang dalam keadaan tidak aktif, penyebab selanjutnya yang membuat klaim Allianz Anda ditolak yaitu ketika pengajuan klaim tersebut masih dalam masa tunggu. Anda perlu memperhatikan mengenai waktu yang ditentukan oleh asuransi agar membuat klaim asuransi dapat diterima dan tidak ditolak.

Salah satunya adalah mengenai masa tunggu dari produk asuransi Allianz yang dibeli. Umumnya masa tunggu asuransi sendiri relatif singkat yaitu sekitar 14 hari, akan tetapi untuk jenis asuransi tertentu seperti untuk penyakit kritis mempunyai masa tunggu hingga 2 tahun. Apabila pengajuan klaim dilakukan saat masa tunggu tersebut membuat klaim tidak bisa diterima oleh pihak perusahaan asuransi.

  1. Kondisi yang tidak masuk ke dalam manfaat

Penyebab klaim selanjutnya yang membuat tidak bisa disetujui oleh perusahaan asuransi adalah karena kondisi yang tidak masuk ke dalam manfaat. Seperti misalnya Anda mempunyai asuransi kesehatan untuk penyakit kritis dari Allianz, maka pastikan untuk membaca polis dengan baik sehingga memahami mengenai penyakit kritis yang termasuk dalam perlindungan asuransi ini.

Apabila jenis penyakit kritis yang dipunyai tidak masuk ke dalam list penyakit kritis yang dilindungi maka membuat klaim tersebut tidak dapat disetujui. Untuk menghindari penolakan klaim ini, Anda bisa menambahkan manfaat yang lengkap dengan membeli rider yang tersedia sehingga membuat perlindungan yang dipunyai lebih komprehensif.

  1. Diagnosis termasuk ke dalam pengecualian asuransi

Hal terakhir yang membuat klaim asuransi tidak dapat disetujui oleh perusahaan adalah karena diagnosis yang dipunyai dan kondisi termasuk ke dalam pengecualian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, ketika mempunyai kondisi penyakit yang termasuk ke dalam pengecualian maka hal tersebut membuat klaim tidak disetujui. Begitu juga ketika klaim yang diajukan termasuk ke dalam pengecualian asuransi seperti terlihat tindak kejahatan, melanggar hukum, upaya bunuh diri, mengikuti perang, dan lainnya yang tercantum dalam ketentuan asuransi.

Beberapa penyebab di atas merupakan faktor yang membuat klaim Allianz  yang dilakukan tidak dapat untuk disetujui. Cara untuk menghindari kondisi ini tentunya bisa dengan membayar premi sehingga memastikan polis tetap aktif. Anda juga perlu mengetahui dan memahami polis asuransi dari Allianz yang dipunyai dengan baik sehingga membantu untuk mengajukan klaim yang sesuai dengan ketentuan produk asuransi Allianz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *