Gaya

Perbedaan Antara Cincin Kawin dan Cincin Tunangan

Cincin lamaran memang sudah lama dipakai sebagai salah satu simbol komitmen akan sebuah hubungan. Pemakaian cincin untuk acara-acara yang sakral mulai muncul ketika tahun 860 masehi. Di mana Pada saat itu gereja katolik di Roma membuat peraturan pernikahan yang revolusioner untuk memperkecil terjadinya perselingkuhan.

Pada saat itu pria yang hendak menikah diwajibkan untuk memberikan cincin lamaran dan dibuat dari bahan emas yang mahal pada seorang perempuan. Dengan demikian nantinya si pria akan menganggap bahwa pernikahan merupakan hal yang serius dan sakral.

Sementara itu antropolog percaya bahwa tradisi memberikan cincin berasal dari kebiasaan bangsa Romawi kuno. Di mana pada masa itu seorang istri mengenakan cincin untuk menunjukkan status mereka yang sudah mempunyai seorang suami.

Pemilihan cincin termasuk di sini jenis cincin berlian sebagai bentuk pengikat tak lepas dari bentuknya yang bundar serta tidak mempunyai ujung. Bentuk tersebut dianggap sangatlah sempurna untuk menyimpulkan sebuah siklus yang tiada akhir dan abadi di dalam sebuah hubungan.

Maka dari itulah di sini cincin seringkali dipilih oleh seorang pasangan sebagai pengikat untuk melangkah ke jenjang yang jauh lebih serius, seperti pertunangan ataupun perkawinan.  Sekalipun di sini memiliki makna yang serupa, namun ternyata terdapat perbedaan antara cincin kawin dan cincin tunangan.

Apa Perbedaan Antara Cincin Kawin dan Cincin Tunangan?

 

Posisi Penggunaan Cincin

Berdasarkan tradisi barat, baik itu cincin kawin maupun cincin tunangan digunakan di jari manis tangan sebelah kiri. Maka dari itulah, saat menikah dengan pengantin umumnya akan memindahkan cincin tunangan lebih dahulu ke jari manis di tangan kanan. Setelah nantinya proses upacara selesai, cincin tunangan berlian akan dikembalikan ke tangan kiri serta ditumpuk dengan cincin kawin.

Namun tradisi tersebut nyatanya berbeda dengan budaya yang ada di Indonesia. Cincin tunangan biasanya akan diletakkan di bagian jari manis tangan kiri, sedangkan cincin kawin akan dikenakan di jari manis tangan kanan.

Sebagai informasi di sini penggunaan cincin di jari manis bukanlah tanpa alasan. Masa Romawi kuno percaya bahwa pembuluh darah yang terdapat di jari manis dikenal lama Vena Asmara dan langsung mengalir ke jantung.

Di sisi lain di dalam mitologi Yunani jari manis adalah salah satu simbol ikatan janji. Pemakaian cincin di jari tersebut memiliki makna kreativitas, cinta sejati dan kecantikan.

Jumlah Cincin

Cincin tunangan biasanya hanya memiliki jumlah satu. Cincin tersebut akan diberikan pria pada pasangannya. Tapi di negara Indonesia sendiri cincin tunangan umumnya dipakai 2 calon pengantin. Sementara itu cincin kawin perlu memiliki jumlah 2, hal itu dikarenakan cincin dipakai oleh pengantin sebagai pengikat janji.

Desain dari Cincin

Sebenarnya di sini tak ada aturan pasti cincin kawin umumnya berdesain sederhana, pasalnya cincin tersebut dipakai tiap hari. Sehingga dengan begitu dirasa akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Tapi akhir-akhir ini banyak sekali pasangan yang mulai melirik cincin kawin yang memiliki batu berlian tunggal serta simple di bagian tengah untuk dijadikan cincin kawin mereka. Sedangkan untuk cincin tunangan umumnya akan mempunyai desain yang unik serta mewah.

Itulah tadi perbedaan antara cincin tunangan dan cincin nikah. Untuk Anda yang saat ini tengah mencari cincin, baik itu untuk acara petunangan maupun pernikahan, maka sangat disarankan bagi Anda untuk membelinya di http://nawwisjewelry.com

Atau Anda juga bisa langsung mengunjungi akun Instagramnya yaitu @nawwis.jewelry. Di sana nantinya Anda bisa bebas memilih cincin sesuai dengan selera Anda. Perlu diketahui juga harga di tempat tersebut sangatlah kompetitif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.